Inflasi AS di Bawah Perkiraan, Rupiah Menguat - Jaringan Nasional

Thursday, October 11, 2018

Inflasi AS di Bawah Perkiraan, Rupiah Menguat

JaringaNasional, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Jumat ini. Data inflasi AS yang lebih rendah dari perkiraan membantu penguatan rupiah. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (12/10/2018), rupiah dibuka di angka 15.218 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.235 per dolar AS. Pada perdagangan siang hari, rupiah semakin menguat ke 15.194 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah diperdagangkan di kisaran 15.187 per dolar AS hingga 15.218 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,12 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.194 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.253 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, data inflasi Amerika Serikat pada September 2018 yang tercermin dari indeks harga konsumen (CPI) lebih rendah dari estimasi para pelaku pasar.

“Data AS itu menahan laju mata uangnya terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah,” katanya.

Ia mengemukakan CPI pada September 2018 hanya tumbuh 0,1 persen, lebih rendah dari estimasi sebesar 0,2 persen dan juga lebih rendah dari bulan sebelumnya.

“Data yang di bawah estimasi itu kemungkinan dapat menurunkan tingkat agresif the Fed untuk menaikkan suku bunganya,” katanya.

Sementara, Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada menambahkan penurunan imbal hasil obligasi Amerika Serikat menjadi salah satu faktor yang menopang rupiah.

“Aksi beli diharapkan kembali marak terhadap aset berdenominasi rupiah,” katanya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.


Artikel yang berjudul “Inflasi AS di Bawah Perkiraan, Rupiah Menguat” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment