Bingung Pilih Jenis Investasi Saham dan Reksa Dana? Ini Perbedaannya - Jaringan Nasional

Monday, February 4, 2019

Bingung Pilih Jenis Investasi Saham dan Reksa Dana? Ini Perbedaannya

Kedua jenis investasi ini ternyata memiliki perantara yang berbeda. Pada reksa dana, perantara dikenal dengan sebutan ‘Manajer Investasi’ atau MI. Tugasnya adalah membantu para investor menjual saham melalui agen penjual reksa dana.

Pada saham, perantaranya dikenal sebagai Perusahaan Perantara Pedagang Efek atau broker. Mulanya, Anda akan diminta untuk membuka rekening di perusahaan milik broker tersebut. Sesudahnya, Anda baru bisa membeli saham yang ada di perusahaan itu.

3. Tinggi dan Rendahnya Risiko

Perbedaan yang bisa kamu perhatikan dari investasi saham dan reksa dana adalah tinggi dan rendahnya risiko yang akan dihadapi. Ingat, ketika mencoba untuk berinvestasi, tetap ada risiko yang akan kamu tanggung. Nah, bila kamu ingin cari investasi yang minim risiko, bisa memilih investasi reksadana saja.

Pasalnya, jenis investasi ini dikenal memiliki risiko yang rendah sebab tidak dipengaruhi fluktuasi harga saham. Selain itu, kamu juga akan sangat terbantu dengan adanya MI karena mereka akan menanamkan model yang ada ke pelbagai produk investasi untuk menekan risiko yang ada.

Sedangkan untuk investasi saham, risiko yang akan dihadapi cenderung lebih besar. Jika salah trik dan asal melakukan investasi, Anda bisa menanggung risiko kerugian yang luar biasa. Anda juga harus memperhatikan keberadaan fluktuasi saham yang berubah sangat cepat, karena ini juga bisa mendatangkan risiko pada investasi Anda.


Artikel yang berjudul “Bingung Pilih Jenis Investasi Saham dan Reksa Dana? Ini Perbedaannya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment