Bos BI Sebut Langkah Pemerintah Kendalikan Bahan Pokok Sudah Baik - Jaringan Nasional

Thursday, February 28, 2019

Bos BI Sebut Langkah Pemerintah Kendalikan Bahan Pokok Sudah Baik

JaringaNasional, Jakarta Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan langkah pemerintah dalam menjaga harga kebutuhan pokok sudah berjalan baik. Indikator ini dapat dilihat dari tingkat inflasi terjaga di bawah titik tengah dari 3,5 plus minus satu persen.

Meski terjaga dengan baik, Perry mengaku heran lantaran ada sebagian masyarakat yang mengeluhkan harga kebutuhan pokok yang tinggi. Padahal pihaknya bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) selalu mengontrol dengan melakukan survei pemantauan harga di beberapa lokasi.

“Ini masyarakat yang mana? Karena kan indikator inflasi itu kan BPS mensurvei pasar-pasarnya, kan bukan hanya pasar modern, tapi juga pasar pelosok-pelosok juga,” kata dia dalam acara Economic Outlook 2019, di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Perry mengatakan tujuan dari survei juga ingin memantau stabilitas perekonomian Indonesia agar kebijakan antisipatif, baik oleh pemerintah maupun BI bisa dilakukan lebih cepat.

“Kami bersyukur juga setiap minggu kami melakukan survei pemantauan harga dari 46 kantor-kantor lembaga kami dan kami juga bersama pemerintah membentuk pusat informasi harga pangan strategis. Kalau semuanya itu masih mengindikasikan harga-harga itu seperti itu (rendah),” tutur dia.

Seperti diketahui, Kepala Badan Pusat Statistik melaporkan inflasi pada Januari 2019 sebesar 0,32 persen. Dengan demikian, inflasi tahun kalender mencapai 0,32 persen dan inflasi tahun ke tahun atau year on year sebesar 2,82 persen.

“Pada Januari 2019 inflasi 0,32 persen. Dengan angka ini berarti tingkat inflasi tahun kalender 0,32 persen. Tahun ke tahun 2,82 persen,” ujar Kepala BPS, Suhariyanto beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, inflasi tersebut masih dalam range target pemerintah. Capaian tersebut merupakan salah satu pencapaian yang bagus di awal tahun. “Sebuah capaian yang bagus di awal tahun. Capaian 0,32 persen, penyebab utamanya harga ikan dan beberapa sayuran,” kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com


Artikel yang berjudul “Bos BI Sebut Langkah Pemerintah Kendalikan Bahan Pokok Sudah Baik” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment