Debat Capres Jokowi vs Prabowo, Ini Prediksi Analis Moody’s - Jaringan Nasional

Saturday, February 16, 2019

Debat Capres Jokowi vs Prabowo, Ini Prediksi Analis Moody’s

JaringaNasional, Singapura – – Debat pilpres 2019 kedua pada Minggu (17/2/2019) akan membahas topik ekonomi. Tim Kampanye Nasional (TKN) menilai Presiden Jokowi akan lebih unggul karena pembangunan infrastruktur menjadi andalan pemerintahannya.

Ketika ditanya mengenai debat pilpres kedua, analis asing menyatakan bahwa performa ekonomi akan menjadi hal penting dalam prosesi pemilu, terutama bagi Presiden Jokowi.

“Performa ekonomi cenderung menjadi program penting pemilu, dengan Jokowi menjanjikan hasil pertumbuhan,” jelas Anushka Shah, Vice President Senior Analyst Moody’s Investors Service di Singapura ketika dihubungi JaringaNasional.

Kedua calon presiden juga sama-sama memberikan janji populis. Pada debat pertama, Prabowo ingin menaikkan gaji PNS dan belakangan Jokowi melakukan hal serupa dengan menyetarakan gaji perangkat desa.

Anushka menilai, janji-janji demikian akan memberikan pengaruh implisit dan eksplisit pada kebijakan fiskal. Selain itu, dia percaya kedua calon akan kompak memakai isu nasionalisme sumber daya alam. 

“Sentimen tersebut sama-sama disukai kedua kandidat,” jelasnya.

Berbicara infrastruktur yang menjadi andalan Jokowi, analis lain menyebut akan ada kelesuan di sektor properti, baik itu dari segi pembeli maupun pengembang. Penyebabnya adalah ketidakpastian seputar kebijakan.

“Kami memperkirakan penjualan properti akan lesu karena, pertama, pengembang cenderung memperlambat atau menahan peluncuran-peluncuran proyek baru pada periode ini,” ujar Jacintha Poh, Vice President Senior Credit Officer Moody’s Investors Service.

“Kedua, pembeli cenderung mengadopsi pendekatan wait-and-see karena kemungkinan ada ketidakpastian di seputar kebijakan,” jelas Jacintha. 

Tim Jokowi pun percaya diri unggul karena akan mengandalkan angka dan data, terutama di bidang energi, pangan, dan infrastruktur.


Artikel yang berjudul “Debat Capres Jokowi vs Prabowo, Ini Prediksi Analis Moody’s” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment