Edinburgh Bakal Terapkan Pajak Bagi Turis - Jaringan Nasional

Saturday, February 9, 2019

Edinburgh Bakal Terapkan Pajak Bagi Turis

Dewan Kota Edinburgh telah menetapkan biaya pajak turis sekitar 2 poundsterling per hari atau Rp 36.152 (asumsi kurs Rp 18.076 per poundsterling), berdasarkan hasil suara yang diambil. Selanjutnya adalah keputusan Parlemen Skotlandia apakah usulan pajak tersebut akan diterima atau tidak.

Pajak tersebut hanya berlaku bagi turis yang menginap di hotel. Jika turis berkemah,  ia akan terbebas dari pajak tersebut, dengan catatan durasi kemah hanya 7 hari. Lebih dari itu, turis akan dikenakan 14 poundsterling atau sekitar Rp 253.092.

Edinburgh menerapkan pajak ini sebagai bentuk pendanaan infrastruktur pariwisata di sana. Tempat wisata seperti kastil Edinburgh merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi dan dirusak sarananya oleh wisatawan, baik sengaja maupun tidak. Edinburgh bukanlah satu-satunya kota yang menerapkan pajak ini.

Venezuela telah terlebih dahulu mengaplikasikan pajak turis bagi orang-orang yang datang ke tempat wisatanya. Pemerintah Venezuela menarik 11 euro dari turis yang datang menyewa kapal pesiar dan berwisata di sana, baik menginap atau tidak.

Bali juga sudah menerapkan pajak turis dan menggunakan dana pajak untuk membersihkan pantai dari sampah.

 

-:

 

Mukesh Ambani menjadi miliarder terkaya di Asia. Pria asal India ini berhasil menggeser posisi CEO Alibaba, Jack Ma dengan memiliki kekayaan sebesar USD 44,3 Miliar.


Artikel yang berjudul “Edinburgh Bakal Terapkan Pajak Bagi Turis” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment