Jasa Penukaran Uang Marak Saat Perayaan Imlek - Jaringan Nasional

Tuesday, February 5, 2019

Jasa Penukaran Uang Marak Saat Perayaan Imlek

JaringaNasional, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek menjadi salah satu momen mencari tambahan rejeki bagi orang tertentu. Salah satunya, jasa penukaran uang yang biasanya banyak ditemui di jalan-jalan ataupun disekitar tempat melakukan ibadah seperti vihara.

Jasa penukaran uang sebenarnya tidak mendapat izin resmi dari pemerintah ataupun Bank Indonesia (BI). Namun dengan adanya permintaan, beberapa orang kemudian mengambil profesi ini untuk mengambil peluang.

Salah satu pelaku jasa penukaran uang, Kristin mengaku, menyiapkan dana sekitar Rp 15 juta berbagai pecahan untuk ditukarkan kepada pembeli khusus hari ini. Setiap pecahan uang yang ditukarkan dikenai biaya Rp 5.000 sampai Rp 10.000 tergantung jumlah yang ditukarkan.

“Saya berdua sama kakak, kakak saya juga meladeni orang yang mau nukar. Kami pisah-pisah biar lebih banyak aja dapatnya,” ujar Kristin di Kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Kristin mengatakan jasa penukaran uang ini sebenarnya bukan profesi utamanya. Hal ini dikerjakan hanya pada musim tertentu seperti pada saat Lebaran, Natal ataupun Imlek.

“Saya jualan sayur kalau hari biasa. Ini kita jadi jasa penukaran uang kalau lagi ada hari raya. Kalau Imlek kan butuh untuk angpao. Mungkin nggak sempat nukar di bank, bisa tukar di kami,” jelasnya.

Kristin menambahkan, jasa penukaran uang milikinya tak selalu disambut baik oleh masyarakat. Beberapa orang seringkali menganggap uang yang ditukarkan tidak asli dan rawan dirampok.

“Ya. Namanya usaha tak selalu mulus. Kadang ada yang bilang, nggak asli, kemahalan, banyak lagi. Takut di rampok juga, tapi kami tetap jalan saja. Banyak teman-teman disini,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com


Artikel yang berjudul “Jasa Penukaran Uang Marak Saat Perayaan Imlek” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment