Jokowi Sebut Konsesi Lahan Buka Akses Masyarakat ke Perbankan - Jaringan Nasional

Sunday, February 17, 2019

Jokowi Sebut Konsesi Lahan Buka Akses Masyarakat ke Perbankan

JaringaNasional, Jakarta Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) mengaku dalam 2 tahun terakhir telah membagikan konsesi lahan kepada masyarakat. Harapannya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam 2 tahun ini kita telah membagikan konsensi-konsesi lewat perhutanan sosial untuk masyarakat adat, hak ulayat, petani, nelayan yang dalam 2 tahun sebesar 2,6 juta ha dari 12,7 juta ha yang kita siapkan,” ujar dia di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain memberikan tanah, lanjut Jokowi, pemerintah juga memberikan bimbingan kepada masyarakat agar tanah yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan.

“Kita juga mendampingi mereka untuk menjadikan tanah yang diberikan menjadi produktif. Ada yang tanami kopi, buah-buahan, jagung juga banyak. Tidak memberikan konsesi saja tetapi juga pendampingan,” kata dia.

Menurut Jokowi, dengan konsesi lahan yang diberikan sebanyak 5 juta ha pada 2017 dan lebih dari 7 juta ha pada 2018, maka masyarakat penerimannya tidak hanya memiliki landasan hukum dalam kepemilikan lahannya tetapi juga memiliki akses ke perbankan.

“Sisi hukum ada, sisi sektor keuangan mereka miliki. Ini akan terus kita kerjakan. 12,7 juta ha harus terdistribusi kepada rakyat bukan untuk yang gede-gede,” tandas dia.


Artikel yang berjudul “Jokowi Sebut Konsesi Lahan Buka Akses Masyarakat ke Perbankan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment