Kemenkeu Tawarkan Sukuk Tabungan-003, Apa Saja Keuntungannya? - Jaringan Nasional

Friday, February 1, 2019

Kemenkeu Tawarkan Sukuk Tabungan-003, Apa Saja Keuntungannya?

JaringaNasional, Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi menjual instrumen Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN), melalui penawaran instrumen sukuk negara tabungan seri ST-003.

Sukuk ini dapat dimiliki mulai dari Rp 1 juta hingga maksimal sebesar Rp 3 miliar. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman mengungkapkan, ada beberapa keuntungan berinvestasi pada ST-003.

Salah satunya pokok dan imbalan telah dijamin oleh negara, Tingkat imbalan ini kompetitif lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.

“Imbalan bersifat mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal floor sebesar 8,15 persen per tahun,” kata Luky dalam Launching Sukuk Tabungan Seri ST-003, di Jakarta, Jumat (1/2/2019). 

Luky menambahkan, keuntungan lain investasi di sukuk ini adalah imbalan akan dibayar setiap bulan. Kemudian early redemption cost juga tidak dikenalan biaya oleh pemerintah. Selain itu, para investor, juga dapat secara langsung mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

“Kalau di sini kita bisa membangun dalam negeri. Jadi dengan investasi bisa ikut pembangunan dalam negeri. Poinya insya Allah instrumen ini menarik peluang, untuk bisa ikut berpartisipsi untuk kita membangun dalam negeri,” kata dia.

Di sisi lain, sukuk negara tabungan ST-003 ini dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 


Artikel yang berjudul “Kemenkeu Tawarkan Sukuk Tabungan-003, Apa Saja Keuntungannya?” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment