Kementerian PUPR Tingkatkan Akses Jalan Menuju Danau Toba - Jaringan Nasional

Wednesday, February 6, 2019

Kementerian PUPR Tingkatkan Akses Jalan Menuju Danau Toba

JaringaNasional, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) tengah menyelesaikan preservasi dan pelebaran jalan Lingkar Pulau Samosir sepanjang 123 Km.

Penanganan jalan tersebut akan meningkatkan konektivitas dan mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Bali Baru yang dikembangkan Pemerintah. 

“Dari 10 prioritas KSPN yang  ditetapkan sebagai Bali Baru, kita fokus pada empat destinasi wisata yakni Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan KSPN Danau Toba,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (7/2/2019).

Preservasi dan pelebaran jalan dilakukan secara bertahap sejak 2016 melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Pekerjaan itu diharapkan selesai pada 2019. 

Pekerjaan dibagi dalam dua paket yakni Paket 1 Preservasi dan Pelebaran Jalan Pangururan–Ambarita–Tomok–Onan Runggu sepanjang 75,90 km dengan nilai kontrak tahun jamak sebesar Rp 367,21 miliar.

Saat ini kemajuan fisik pekerjaan telah mencapai 63,01 persen, dengan kontraktor PT PP dan PT Seneca. 

Lalu paket 2 Preservasi dan Pelebaran ruas Jalan Tele–Pangururan-Nainggolan–Onan Runggu sepanjang 68,43 km yang terdiri dari kegiatan pelebaran sepanjang 47,10 km dan pemeliharaan sepanjang 21,33 km. Nilai anggarannya sebesar Rp 159,24 miliar dan akan selesai juga di Desember 2019.

Hingga saat ini, kemajuan fisik paket 2 secara keseluruhan sudah mencapai sebesar 82,35 persen yang dikerjakan kontraktor PT Gunakarya, PT Tunas dan PT Kurnia lewat sistem Kerja sama Operasi (KSO). 

Pekerjaan preservasi dan pelebaran Jalan Lingkar Pulau Samosirdi kawasan Danau Toba juga termasuk pembangunan tembok penahan tebing untuk mengurangi risiko longsor di sekitar ruas jalan. Selain itu jalan juga dilengkapi bahu jalan dan saluran air. 

 


Artikel yang berjudul “Kementerian PUPR Tingkatkan Akses Jalan Menuju Danau Toba” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment