Ketua BPN: Unicorn Indonesia Anut Sistem Kapitalis - Jaringan Nasional

Sunday, February 17, 2019

Ketua BPN: Unicorn Indonesia Anut Sistem Kapitalis

JaringaNasional, Jakarta – Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, menyatakan bahwa perusahaan unicorn di Indonesia seperti GoJek dan Bukalapak telah menganut sistem kapitalis yang lebih mengandalkan tenaga mesin atau kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dibanding tenaga manusia.

Pernyataan itu ia keluarkan ketika ditemui wartawan paska sesi debat kedua, yang menanyakan strategi Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02 Prabowo-Sandi terhadap keberadaan perusahaan unicorn Tanah Air.

“Jadi memang unicorn itu kita harus hati-hati. Itu suatu sistem baru, jangan sampai kita terjebak terjadi dehumanisasi,” imbau dia di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dia beranggapan, keberadaan perusahaan digital banyak mengindahkan tenaga manusia yang tergantikan oleh mesin dan juga robot.

“Akhirnya manusia-manusia yang bekerja ini banyak digantikan oleh mesin, oleh robot. Jadi kita harus tahu keseimbangan,” ujar dia.

Saat disanggah bahwa perusahaan digital besar Indonesia seperti GoJek dan Bukalapak telah berdayakan banyak pekerja dalam negeri, ia menyebut itu tak berarti banyak. Sebab, lanjutnya, yang menikmati kesuksesan perusahaan tersebut hanyalah orang-orang tertinggi di perusahaan bersangkutan.

“Tapi itu kan sistem kapitalis. Sebenarnya yang kaya yang di ujungnya itu aja,” ucap dia.


Artikel yang berjudul “Ketua BPN: Unicorn Indonesia Anut Sistem Kapitalis” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment