PLN Bakal Bagi Pelanggan Jadi 2 Golongan, Konsumsi Listrik Jadi Boros? - Jaringan Nasional

Saturday, February 2, 2019

PLN Bakal Bagi Pelanggan Jadi 2 Golongan, Konsumsi Listrik Jadi Boros?

JaringaNasional, Jakarta – PT PLN (Persero) tengah menggodok rencana penyederhanaan golongan pelanggan rumah tangga, sehingga nantinya hanya tinggal ada dua saja yaitu subsidi dan non-subsidi.

Jika kebijakan tersebut digunakan, apakah akan berdampak ke pemakaian listrik menjadi lebih boros?

Pengamat Ketenagalistrikan dari Universitas Indonesia Iwa Garniwa memandang, penggunaan listrik dipengaruhi oleh kondisi ‎perekonomian dan daya beli masyarakat.

“Menurut saya konsumsi itu tergantung terhadap ekonomi kemampuan daya beli,” kata Iwa, saat berbincang dengan JaringaNasional, di Jakarta, ‎Sabtu (2/2/2019).

Menurut Iwa, dengan melihat kondisi kemampuan daya ‎beli masyarakat yang masih datar seperti ‎saat ini, maka konsumsi listrik masyarakat tidak akan naik karena penggunaan perangkat elektronik lebih boros, meski PLN telah menerapkan penyederhanaan golongan, dengan membuat batas atas golongn pelanggan.

“Kalau daya beli masyarakat masih seperti ini tidak akan naik,” tuturnya.

Direktur Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan‎, dengan pelanggan listrik hanya dua g‎olongan, yaitu bersubsidi dan non subsidi membuat masyarakat menjadi lebih leluasa menggunakan listrik, karena batasnya dinaikan sampai daya tertentu.

Kondisi ini membutuhkan kebiasaan masyarakat lebih bijak dalam mengkonsumsi listrik,dengan menggunakan perangkat elektronik sesuai kebutuhan saja.

‎”Rugi untuk masyarakat enggak ada. Jadi butuh kebiasaan mereka kan bayar kalau enggak dibutuhkan kan enggak digunakan,” tandasnya.


Artikel yang berjudul “PLN Bakal Bagi Pelanggan Jadi 2 Golongan, Konsumsi Listrik Jadi Boros?” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment