Bos Bappenas Yakin Target Penciptaan Lapangan Kerja Bisa Terlampaui - Jaringan Nasional

Tuesday, March 12, 2019

Bos Bappenas Yakin Target Penciptaan Lapangan Kerja Bisa Terlampaui

JaringaNasional, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku optimis Indonesia dapat melampaui target penciptaan lapangan kerja dalam RPJMN 2015-2019 yang sebesar 10 juta.

Menurut Mantan Menteri Keuangan ini, hingga tahun 2018, tercatat jumlah lapangan kerja yang berhasil diciptakan yakni sebesar 9,4 juta.

“Logikanya kalau tahun ini bisa tercipta seperti tahun lalu, ada kemungkinan pasti lewat, karena tahun ini tidak ada krisis serius dari sisi ekonomi,” kata dia, di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/3/2019).

“Jadi penciptaan lapangan kerja memang harus menjadi prestasi capaian suatu pemerintahan, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota,” lanjut dia.

Dia menegaskan, salah satu hal yang penting dalam upaya penciptaan lapangan kerja adalah investasi. Penyerapan tenaga kerja tidak hanya bisa mengandalkan rekrutmen CPNS maupun BUMN semata. Sebab jumlah tenaga kerja yang dapat diserap pun terbatas.

“Jangan sampai penciptaan lapangan kerja hanya dengan mengandalkan rekrutmen PNS atau hanya mengandalkan rekrutmen BUMN, itu juga terbatas,” ujar dia.

Karena itulah, iklim investasi yang baik perlu diciptakan sehingga pelaku usaha menjadi tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

“Kita justru mendorong rekrutmen tenaga kerja ini datangnya dari private sector yang melakukan investment, baik yang sifatnya baru seperti PMDN maupun mereka yang ekspansi, begitu ekspansi ada penciptaan lapangan kerja,” tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com


Artikel yang berjudul “Bos Bappenas Yakin Target Penciptaan Lapangan Kerja Bisa Terlampaui” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment