Ekspor Ikan Kerapu ke Hong Kong Capai 15 Ton - Jaringan Nasional

Wednesday, March 20, 2019

Ekspor Ikan Kerapu ke Hong Kong Capai 15 Ton

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri. Menurut dia, saat ini kondisi ekspor kerapu Belitung masih normal. Biasanya ekspor dilakukan sebulan sekali, kecuali pada momen Imlek di mana ekspor bisa meningkat hingga 2 kali lipat.

“Ada korelasi momen Imlek dengan frekuensi ekspor kerapu. Biasanya pengiriman kerapu sebulan menjelang imlek frekuensi ekspornya meningkat yakni bisa 2-3 kali per bulan,” ungkap Firdaus. 

Firdaus juga mengungkapkan, usaha budidaya kerapu di Belitung berjalan baik dan cukup berkembang.Hal ini terbukti dengan adanya beberapa sentra budidaya kerapu di antaranya di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau; Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong; dan Desa Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik. Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari KKP khususnya bantuan benih kerapu. 

“Saat ini, jumlah pembudidaya kerapu di Kabupaten Belitung sebanyak 148 rumah tangga perikanan (RTP) dengan jumlah unit 

sebanyak 1.710 yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Belitung. Normalnya aktivitas ekspor telah memicu peningkatan animo masyarakat untuk budidaya kerapu,” lanjutnya.

Pada periode Januari – Maret 2019 tercatat  sebanyak 45 ton ikan kerapu asal Belitung telah diekspor ke Hong kong dengan nilai ekonomi mencapai hingga USD 353.570 atau setara dengan Rp 4,95 miliar.

 

 

-:

 

Indonesia memiliki kekayaan perikanan yang berlimpah. Tak terkecuali di Kabupaten Simeulue, Aceh. Hasil lautnya bisa mencapai 13 ribu ton per tahun. Dua jenis hasil laut yang favorit ditakarkan di Simeulue adalah lobster dan ikan kerapu.


Artikel yang berjudul “Ekspor Ikan Kerapu ke Hong Kong Capai 15 Ton” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment