Kemenhub Bakal Lengkapi Bandara Radin Inten II Lampung dengan Kereta - Jaringan Nasional

Friday, March 8, 2019

Kemenhub Bakal Lengkapi Bandara Radin Inten II Lampung dengan Kereta

JaringaNasional, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merencanakan pengembangan lanjutan untuk Bandara Radin Inten II yang berlokasi di Lampung, pasca diresmikan terminal baru.

Kepala Bandara Radin Inten II, Asep Kosasih mengatakan, pihaknya tengah menyusun kajian awal untuk pembangunan kereta api bandara. Diharapkan layanan kereta bandara ini bisa melengkapi fasilitas bandara yang baru saja berstatus internasional ini.

Saat ini, pihaknya telah menyiapkan DED (Detail Engineering Design) pengembangan jalur kereta bandara tersebut.

“Nantinya disiapkan rute sementara dari Sumatera Selatan – Tanjung Karang – Metro menuju Bandara Radin Inten II,” kata dia, Sabtu (9/3/2019).

Ditargetkan, pembangunan kereta bandara ini bisa dilakukan secepat mungkin mengingat angka pertumbuhan penumpang di bandara ini tumbuh signifikan setiap tahunnya.

Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan termasuk kategori Bandara kelas I dan dikelola oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara Kementerian Perhubungan.

Bandara tersebut melayani 32 rute penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Sriwijaya, Lion Air, Express Air, dan Susi Air dengan jam operasional bandara dari pukul 06.00-21.00 WIB.

Pembangunan terminal Bandara Radin Inten II dilakukan sejak 2016 dengan nilai investasi sebesar Rp 87,6 miliar untuk pembanguan gedung parkir, dan Rp 98,6 miliar untuk pembangunan gedung terminal penumpang.

 


Artikel yang berjudul “Kemenhub Bakal Lengkapi Bandara Radin Inten II Lampung dengan Kereta” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment