Kementerian Kelautan Tangkap Satu Kapal Ikan Ilegal Berbendera Vietnam - Jaringan Nasional

Saturday, March 9, 2019

Kementerian Kelautan Tangkap Satu Kapal Ikan Ilegal Berbendera Vietnam

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyambangi kota Bandung untuk berbincang para pelaku dunia perikanan dan influencer. Susi berbagi prestasi mengenai potensi laut Indonesia serta kapal yang ditenggelamkan.

Susi menyebut sudah ada 488 kapal asing yang ditenggelamkan. Tak hanya menenggelamkan, Susi pun berniat menghadirkan museum kapal asing yang ditangkap di Indonesia.

“Kita akan bikin museum juga. Kita akan kumpulkan kapal, sampel, contoh yang kita tangkap dari beberapa negara,” ujar Susi pada Selasa 26 Februari 2019 di Bandung, Jawa Barat.

Menteri Susi pun menjelaskan mengapa ia mengebom kapal-kapal asing hingga disiarkan luas. Penghancuran kapal pun dibuat seseram mungkin, walau sebetulnya peledak digunakan untuk melubangi kapal agar tenggelam, bukan menghancurkan berkeping-keping.

Ini digunakan sebagai pengingat agar para pencuri ikan berpikir dua kali sebelum masuk ke wilayah perairan Indonesia. Susi juga mengetahui kapal-kapal itu tak hanya mencuri ikan, melainkan juga menyelundupkan satwa ilegal.

“Kita bikin seram, kalau enggak, (kapal asing) enggak takut,” tegas Susi.

Ia pun mengajak orang-orang lebih mencintai laut dengan cara berpikir secara berkelanjutan agar laut dapat dinikmati generasi mendatang, melawan pemakaian plastik, serta mengajak masyarakat agar sering mengunjungi laut.

“Ini hal yang memang harus kita rubah mindset-nya. Kalau kita mau jaga laut kita, mulai sekarang sedikit demi sedikit, mindset kita berubah, dengan pemikiran tentang laut. Dekat dengan laut, sering ke laut, semuanya ke laut, jangan di darat saja,” ucapMenteri Susi.

 

-:

 

Puluhan kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia beberapa waktu lalu akhirnya ditenggelamkan. Puluhan kapal asing ini ditenggelamkan di perairan Natuna provinsi Kepulauan Riau.


Artikel yang berjudul “Kementerian Kelautan Tangkap Satu Kapal Ikan Ilegal Berbendera Vietnam” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment