Pemerintah Cari Cara Kendalikan Kenaikan Harga Bawang Putih - Jaringan Nasional

Monday, March 18, 2019

Pemerintah Cari Cara Kendalikan Kenaikan Harga Bawang Putih

bawang putih

ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Awal pekan ke-3 Maret ini, harga sayuran di Pasar Kelapa Gading cenderung stabil, meski beberapa komoditas seperti bawang putih alami kenaikan.

Bawang putih cutting yang semula berada di harga Rp 42 ribu per kilogram (Kg) kini naik menjadi Rp 44 ribu per kilogram. Lain tomat turun dari harga semula Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

Beberapa pedagang pasar yang menjual sayuran mengaku tidak khawatir dengan harga sayuran yang cenderung tidak stabil. Apalagi selama sepekan ini kenaikan dan penurunan tidak terlalu signifikan. Roni (44) misalnya, yang sayurnya selalu habis setiap hari.

“Naik atau turun harga biasa kalau sayuran, untungnya sepekan ini nggak terlalu jauh naik atau turunnya. Pembeli tetap berdatangan setiap hari,” ujar dia saat berbincang dengan JaringaNasional, Senin (18/3/2019).

Komoditas lainnya pun cenderung berada di angka yang sama. Komoditas cabai berada di angka Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu mulai dari cabai merah keriting di harga Rp 25 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp 30 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kilogram dan cabai rawit merah Rp 35 ribu per kilogram. Sementara bawang merah stabil di angka Rp 30 per kilogram.

Agus (30), pedagang sayur lainnya mengungkapkan, harga sayuran di pasar Kelapa Gading memang cenderung stabil beberapa hari ke belakang.

“Enggak ada perubahan. Omzet juga stabil. Cuma kalau bawang sama tomat itu memang enggak bisa diprediksi, sekarang saja bawang putih naik,. Paling kalau sayur ya, bawang dan tomat yang berubah-ubah,” pungkas Agus.


Artikel yang berjudul “Pemerintah Cari Cara Kendalikan Kenaikan Harga Bawang Putih” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment