Pemerintah Komitmen Percepat Pembangunan Kota Baru di Tanjung Selor - Jaringan Nasional

Wednesday, March 27, 2019

Pemerintah Komitmen Percepat Pembangunan Kota Baru di Tanjung Selor

JaringaNasional, Jakarta – Pemerintah Jokowi-JK teken kesepakatan rencana aksi pelaksanaan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

Penandatangan ini dilakukan untuk mendorong pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa-Bali, yang merupakan bagian dari amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Dari 10 kota dalam RPJM tersebut, salah satu yang akan dibangun adalah Tanjung Selor, Kalimantan Utara (Kaltara).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, penandatanganan kali ini juga merupakan bentuk komitmen penuh pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat pembangunan KBM Tanjung Selor sebagai Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara.

“Pada hari ini Alhamdulillah kita bersama-sama menyatakan kesepakatan dan komitmen kita untuk mempercepat mendukung pembangunan KBM Tanjung Selor. Pembangunan kota-kota baru tersebut nantinya diarahkan sebagai pengendali urbanisasi di kota atau kawasan perkotaan metropolitan di luar Pulau Jawa-Bali,” kata Darmin dalam sambutannya di Kantornya, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Secara geografis, KBM Tanjung Selor berada di posisi yang strategis. Selain itu juga didukung dengan pengembangan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning, Kawasan Perbatasan Negara Indonesia dan Malaysia di Nunukan, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Darmin mengatakan, ada empat langkah awal bagi pembangunan KBM Tanjung Selor. Pertama dengan merevisi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Bulungan sebagai landasan utama dalam pembangunan Kota.

Kemudian kedua, dengan menyusun rencana pembangunan Tanjung Selor secara lebih terpadu, termasuk menyusun tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif.

Ketiga dengan mempersiapkan infrastruktur fisik dan sumber daya nanusia yang dapat mendukung berkembangnya Kota Tanjung Selor, dan didasarkan pada perencanaan yang matang dan berbasis spasial.

“Terakhir dengan menyusun action plan atau rencana kerja pembangunan Kota Mandiri Tanjung Selor,” imbuhnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 


Artikel yang berjudul “Pemerintah Komitmen Percepat Pembangunan Kota Baru di Tanjung Selor” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment