RI Resmi Punya Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara - Jaringan Nasional

Saturday, March 9, 2019

RI Resmi Punya Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

Luhut menuturkan, berbagai upaya pemerintah mengenai pembangunan infrastruktur pendukung yang sudah dan sedang dilaksanakan, di antaranya pembangunan jalan tol yang menghubungkan berbagai wilayah di kabupaten terluas di Jawa Barat itu dengan provinsi lain.

“Program jalan tol Ciawi ke Sukabumi itu sudah 21 tahun mangkrak. Sekarang tahap 1 sudah selesai dan akan terus dikejar (karena) Presiden mau (supaya dapat diselesaikan) tahun 2021. Itu jalan tol harus jadi sampai ke Pelabuhan Ratu dan juga nanti ke Cianjur sehingga betul-betul daerah ini menjadi kawasan yang bagus. Jalan itu di selatan itu supaya menghubungkan dari Banten terus selatan sampai nanti ke Sukabumi sehingga ekonomi di sini akan tumbuh,” tutur dia.

Selain jalan darat, Luhut juga mendorong pembangunan bandar udara di Sukabumi dapat lebih diakses oleh para pelancong. “Saya dorong betul lapangan terbang yang di Sukabumi itu supaya selesai tahun ini. Dan ini bukan bicara akan-akan. Ini sudah kita mulai,” pungkasnya.

Hal demikian disambut baik dan sangat diapresiasi oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang mewakili masyarakat Sukabumi. Menurut dia, berbagai upaya pemerintah yang disampaikan oleh Luhut sangat dinantikan oleh masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur di wilayah kami jelas-jelas sangat membantu dan meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi nanti apabila jalan tol tahap 3 selesai, tentunya ini akan mengurangi kemacetan parah yang kerap kali dialami masyarakat yang dampaknya tentu akan meningkatkan pula kunjungan wisata ke wilayah Sukabumi,” tutur Bupati Marwan.

Seperti diketahui, Indonesia juga memiliki jembatan lain yang tak kalah membanggakan. Di saat, Amerika Serikat memiliki jembatan suspensi tertua yakni Jembatan Brooklyn yang selesai dibangun tahun 1883, Indonesia punya jembatan yang lebih tua yakni jembatan lama Kediri ‘Brug Over den Brantas te Kediri’. Jembatan dengan konstruksi besi pertama di Jawa ini diresmikan pada 18 Maret 1869.

 

 

-:

 

 

Presiden Jokowi menyampaikan pidato Kenegaraan menyambut HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta.


Artikel yang berjudul “RI Resmi Punya Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment