Satelit Nusantara Satu Diluncurkan untuk Internet Indonesia yang Lebih Baik - Jaringan Nasional

Saturday, March 2, 2019

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan untuk Internet Indonesia yang Lebih Baik

Konektivitas internet di Tanah Air diyakini bakal semakin meningkat. Salah satu faktor pendukung adalah peluncuran Satelit Nusantara Satu dari Stasiun Angkatan Udara Cape Caneveral, Florida, Amerika Serikat (AS), Jumat (22/2/2019) atau pada Kamis (21/2/2019) sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Satelit milik PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) diyakini dapat meningkatkan konektivitas internet broadband, komunikasi suara, data, hingga video yang bisa menjangkau seluruh kepulauan Indonesia.

Di mana kah slot orbit satelit ini? Nantinya slot orbit satelit berada tepat di atas ujung timur Indonesia, yaitu Papua. Sedangkan sistem pengendaliannya dilakukan pusat kontrol di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Peluncuran satelit milik PSN itu pun disambut baik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti dituangkan dalam akun Instagram pribadinya @jokowi, Sabtu (23/2/2019), seperti dikutip Minggu (24/2/2019).

“Tepat pukul 8.45 pagi waktu Indonesia barat, kemarin, roket canggih SpaceX Falcon 9 lepas landas ke angkasa dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat, membawa Satelit Nusantara Satu milik PT Pasifik Satelit Nusantara ke orbit bumi. Satelit Nusantara Satu ini akan meningkatkan konektivitas internet broadband, komunikasi suara, data, dan video yang menjangkau seluruh kepulauan Indonesia. Slot orbitnya tepat di atas Papua, dan pengendaliannya dari pusat kontrol di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat,” tulis @jokowi.
Dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet, Minggu (24/2/2019), Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan Satelit Nusantara Satu akan beroperasi pada April 2019 mendatang. Adi berharap, satelit itu dapat meningkatkan jaringan internet hingga ke pelosok daerah.

“Kebutuhan internet atau broadband sangat tinggi. Kami memperkirakan ada 25 ribu desa yang tidak memiliki koneksi komunikasi internet memadai. Jadi, target kami untuk membantu mencakup mereka,” kata Adi sebelum proses peluncuran dilakukan.

Nusantara Satu merupakan satelit Indonesia pertama yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) berkapasitas hingga 15 Gbps. Teknologi itu diyakini mampu memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan satelit konvensional.

No comments:

Post a Comment