Wajib Tahu! Informasi Lengkap tentang Bea Cukai - Jaringan Nasional

Friday, March 29, 2019

Wajib Tahu! Informasi Lengkap tentang Bea Cukai

JaringaNasional, Jakarta – Bea cukai, pasti Anda sudah sering mendengarnya, kan? Apalagi kalau habis liburan ke luar negeri pasti akan bertemu beberapa orang dari bea cukai memeriksa isi koper yang Anda bawa. Nah, sudah tahu belum apa sebenarnya bea cukai itu sendiri serta fungsi dan kebijakannya?

Kalau Anda sering ke luar negeri pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bea cukai, kan? Jalan-jalan ke luar negeri sudah pasti seru. Anda bisa punya pengalaman baru dan bisa membuat pikiran lebih terbuka melihat lingkungan yang berbeda di masing-masing negara. Tapi tidak cuma itu, lo! Anda juga bisa mendapatkan barang-barang yang enggak dijual di Indonesia.

Ini sangat bagus untuk dijadikan lahan bisnis. Anda bisa buka jasa titip (jastip) usaha yang sedang marak dilakukan kaum milenial. Biasanya pelaku jasa titip mengambil untung sekitar 25-30 persen dari harga beli barang. Lumayan banget, kan?

Sebagai pelaku jasa titip, biasanya akan berurusan dengan bea cukai, karena barang-barang yang Anda beli dari luar negeri. Nah, sebelum memulainya Anda harus ketahui dulu apa sih sebenarnya bea cukai itu, serta fungsi dan kebijakannya. Simak ulasannya, seperti dikutip dari TunaiKita.

Bea Cukai: Pengertian, Fungsi, dan Kebijakan yang Harus Dipahami

Sebuah lembaga, pelaku bisnis perdagangan hingga masyarakat umum tentunya tahu kalau urusan ekspor impor atau impor barang sangat berkaitan erat dengan bea cukai atau dalam lembaga yang mengaturnya disebut kepabeanan.

Namun, tidak sedikit orang yang sering berurusan dengan bea cukai tidak mengetahui informasi mengenai bea cukai sendiri.

Agar pengetahuan Sobat semakin bertambah, simak ulasan bea cukai berikut yang sudah dirangkum dari laman resmi bea cukai, yuk!

1. Pengertian Bea Cukai

Lembaga Bea cukai ini bukanlah sebuah istilah yang memiliki satu pengertian, melainkan dua istilah yang juga memiliki pengertian yang berbeda.

Bea merupakan suatu tindakan pungutan dari pemerintah terhadap barang ekspor atau impor, sedangkan cukai merupakan pungutan negara kepada suatu barang yang memiliki sifat atau karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Cukai.

Jadi, bila bea cukai digabungkan memiliki pengertian suatu tindakan pungutan pemerintah terhadap barang ekspor dan impor serta suatu barang yang memiliki karakteristik khusus.

Nah, itulah mengapa untuk Anda yang ingin bisnis jasa titip sudah pasti akan berurusan dengan bea cukai. Karena membeli barang dari luar negeri yang berarti mengimpor barang-barang tersebut dan menjualnya.


Artikel yang berjudul “Wajib Tahu! Informasi Lengkap tentang Bea Cukai” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment