Youtuber Ini Dituntut karena Eksploitasi 7 Anak demi Video - Jaringan Nasional

Monday, March 25, 2019

Youtuber Ini Dituntut karena Eksploitasi 7 Anak demi Video

Meningkatnya jumlah pendukung teori Bumi datar, menurut para ilmuwan, diduga kuat atas semakin luasnya akses terhadap situs berbagi video besutan Google, YouTube.

Kecurigaan mereka bertambah ketika menghadiri pertemuan pendukung konsep Bumi Datar terbesar di dunia, yang digelar di Kota Rayleigh, negara bagian North Carolina, pada 2017, dan berlanjut di Kota Denver, Colorado, tahun lalu.

Hasil wawancara terhadap 30 peserta, sebagaimana dikutip dari The Guardian, mengungkap sebuah pola umum tentang bagaimana orang-orang di sana meyakinkan bahwa Bumi bukanlah planet bundar besar yang berotasi di angkasa luar, melainkan sebuah cakram datar besar dengan beberapa fungsi serupa.

Dari 30 responden, kecuali satu orang, mengatakan bahwa sekitar dua tahun lalu, mereka tidak menganggap Bumi berbentuk seperti cakram raksasa. Namun, kemudian berubah pikiran setelah menonton video yang mengkampanyekan teori Bumi Datar di YouTube.

Wawancara tersebut juga menguak fakta bahwa sebagian besar responden lebih dulu menonton beragam video tentang konspirasi lain, seperti tragedi 11 September (9/11), penembakan Sandy Hook di AS, dan keraguan atas pendaratan NASA di Bulan, sebelum kemudian diarahkan oleh YouTube untuk menyaksikan video tentang Bumi Datar.

Beberapa mengatakan hanya menonton video tersebut karena penasaran, sebelum kemudian mengakui bahwa mereka menjadi semakin tertarik untuk menonton video lain yang serupa.

Ashley Landrum, yang memimpin studi terkait di Texas Tech University, mengatakan bahwa salah satu video teori Bumi datar paling populer, 200 proofs Earth is not a spinning ball, terlihat efektif menawarkan argumen yang menarik bagi begitu banyak pola mikir, mulai dari literalis Alkitab dan ahli teori konspirasi, hingga mereka yang memiliki kecenderungan ilmiah.

Dengan satu atau lain cara, orang-orang yang diwawancarai menemukan diri mereka percaya, dan tak lama kemudian bertanya “di mana kurva itu?” Dan “mengapa cakrawala selalu setinggi mata?”

Di sinilah, menurut Landrum, ketertarikan terhadap teori Bumi datar dimulai.


Artikel yang berjudul “Youtuber Ini Dituntut karena Eksploitasi 7 Anak demi Video” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment