Ekspor Jadi Pekerjaan Besar Pemerintahan Selanjutnya - Jaringan Nasional

Wednesday, April 17, 2019

Ekspor Jadi Pekerjaan Besar Pemerintahan Selanjutnya

JaringaNasional, Jakarta Usai mencoblos Pemilihan Presiden (Pilpres), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan harapan kepada pemerintahan periode mendatang. Menurut dia, siapapun yang keluar jadi pemenang itulah wakil dari seluruh rakyat Indonesia. Sebab tujuan pemilu adalah memilih para pemimpin.

“Yang namanya pemilu itu ya memang memilih pemimpin – pemimpin ya kan, ya presiden, wakil presiden, ya DPD, DPR, DPRD itu akan merupakan perwakilan kita masing – masing,” kata dia di TPS 20 Kompleks Liga Mas, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Dia menjelaskan, para kandidat yang terpilih nantinya akan menjadi wakil rakyat di dalam menyusun kebijakan dan mengambil keputusan di Republik ini.

Adapun Pekerjaan Rumah (PR) yang menurutnya dirasa penting untuk dilakukan oleh pemerintahan periode selanjutnya adalah mengenai ekspor.

Dia menyebutkan kondisi ekonomi Indonesia tidak bisa lepas dari pengaruh kondisi ekonomi global. Seperti saat ini dimana banyak negara maju yang merupakan tujuan utama ekspor RI sedang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Hal itu membuat ekspor Indonesia ikut melempem sebab negara tujuan tidak mampu menyerapnya.

“Ekonomi dunia sedang melambat. Perhatikan bahwa ekspor kita itu ambil 4 terbesar tujuan ekspor, China, Amerika, Jepang, Eropa itu semua ekspor kita menurun udah 2 bulan,” ujar dia.

Di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian, dia menegaskan pemerintah harus mampu menjaga kondisi neraca perdagangan.

“Kita harus menghadapi dadakan itu juga. Dadakan itu ya artinya bagaimana caranya supaya ekspor kita ke neraca dagang kita bisa dipertahankan positif, karena kalau enggak, kita akan dianggap berisiko,” jelas dia.

Selain itu, kebijakan-kebijakan jangka menengah yang sudah disusun harus tetap danjutkan.

“Yang namanya selain infrastruktur ada tax holiday, fasilitas macam macam ada OSS, kita juga sedang menyiapkan pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi, kita juga sedang mempercepat reforma agraria dan macam – macam. Itu tetap penting, tetapi ada yang lebih mendesak sekarang, ekspor,” tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com


Artikel yang berjudul “Ekspor Jadi Pekerjaan Besar Pemerintahan Selanjutnya” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment