Dibuka Jokowi, Musrembangnas Bakal Bahas Pemindahan Ibu Kota - Jaringan Nasional

Wednesday, May 8, 2019

Dibuka Jokowi, Musrembangnas Bakal Bahas Pemindahan Ibu Kota

Sejumlah dosen Fakultas Teknik UGM mengkaji rencana pemindahan ibu kota Indonesia. Kajian itu dilakukan bersama-sama dengan Bappenas.

Mereka mengkaji dan mengeluarkan sejumlah rekomendasi dengan pendekatan akademis dari hasil FGD yang sudah dilakukan. Setidaknya ada tiga hal yang harus digarisbawahi dari rencana pemindahan ibu kota.

Pertama, rencana pemindahan ibu kota sebaiknya berdasarkan pertimbangan agenda besar geopolitik strategis, bukan hanya nasional.

“Terutama penekanan pada peran Indonesia dalam tatanan global ke depan dan tuntutan sejarah,” ujar Nizam, Dekan Fakultas Teknis UGM, Selasa, 7 Mei 2019.

Ia memaparkan saat ini pemerintah Thailand sudah memutuskan untuk membangun terusan Kra yang akan berdampak besar terhadap perekonomian dan perdagangan internasional melalui Selat Malaka.

Oleh karena itu, situasi ini menjadi sangat strategis apabila Indonesia mengembangkan ALKI II (alur laut kepulauan Indonesia-II, melalui Selat Lombok, Selat Makasar, Laut Sulawesi).

Menurut Nizam, ibu kota memiliki fungsi dan pesan simbolis, sehingga menjadi strategis jika ibu kota baru berada di kawasan ALKI II (pantai Timur pulau Kalimantan).

“Hal ini juga sejalan dengan visi besar pengembangan Indonesia ke depan sebagai negara maritim,” dia mengatakan.

Kedua, pemindahan ibu kota berarti pemindahan pusat pemerintahan, meliputi, eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ia menyarankan sebaiknya pusat pemerintahan tidak menyatu dengan pusat kegiatan ekonomi dan bisnis.

“Ini juga untuk mengurangi potensi korupsi dan kolusi kekuasaan dengan bisnis dan ekonomi,” kata Dekan Fakultas Teknik UGM itu.

 


Artikel yang berjudul “Dibuka Jokowi, Musrembangnas Bakal Bahas Pemindahan Ibu Kota” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment