Mau Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Perhatikan 5 Hal ini - Jaringan Nasional

Sunday, May 26, 2019

Mau Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Perhatikan 5 Hal ini

Untuk itu, YLKI meminta para pengguna kendaraan bermotor, baik roda empat dan atau roda dua yang hendak mudik untuk memperhatikan sejumlah hal, antara lain:

1. Pastikan jika kendaraan bermotor yang digunakan sudah dinyatakan laik jalan, khususnya untuk perjalanan jarak jauh.

2. Muatan kendaraan jangan melebihi kapasitas, baik jumlah penumpang dan atau barang/bagasi. Muatan yang berlebih akan membahayakan keselamatan berkendara.

3. Jika Anda melewati jalan tol, pastikan jika saldo e-toll mencukupi. Jangan sampai pemudik kesulitan di jalan tol, karena saldo e-toll yang kurang. Saat ini e-toll wajib hukumnya dalam perjalanan.

4. Ikuti dan patuhi rambu-rambu lalu lintas (lalin) yang ada. Pelanggaran rambu-rambu lalin adalah pemicu awal terjadinya kecelakaan, dengan korban fatal. Jangan melawan arus atau merebut lajur orang lain, selain membahayakan, juga akan mengakibatkan kemacetan yang mengunci (gridlock)

5. Jangan memaksakan diri dengan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, hanya karena ingin cepat sampai tujuan. Beristirahatlah di rest area yang aman, seperti SPBU, masjid, dan lain-lain setiap 3-4 jam mengemudi.


Artikel yang berjudul “Mau Mudik Pakai Kendaraan Pribadi? Perhatikan 5 Hal ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment