Negara Ini Punya Pegawai Robot Terbanyak di Dunia - Jaringan Nasional

Thursday, May 2, 2019

Negara Ini Punya Pegawai Robot Terbanyak di Dunia

JaringaNasional, Seoul – Korea Selatan tercatat sebagai negara nomor satu yang paling banyak memakai robot pekerja. Jumlah robot pekerja di Korsel pun mengalahkan Jerman, Amerika Serikat (AS), dan China.

Dilaporkan World Economic Forum (WEF), sampai tahun 2017 terdapat rata-rata 85 robot di tiap 10.000 pegawai. China merupakan salah sat negara dengan level pertumbuhan tertinggi dalam penggunaan robot industri, tetapi Korsel masih tetap memimpin.

Akan tetapi, jumlah robot pekerja di Negeri K-Pop masih jauh lebih banyak di China dengan hitungan 710 robot pada tiap 10.000 pegawai per tahun 2017. China hanya memiliki 97 pegawai dalam 10,000 pegawai.

Singapura berada di nomor dua setelah Korsel dengan 658 robot per 10.000 pegawai. Jepang yang merupakan pemain utama di industri robot memiliki 308 robot dalam 10.000 pegawai.

Tingkat pertumbuhan robot di AS tercatat lebih lambat dengan satu robot di tiap 200 pegawai. CEO Amazon Jeff Bezos juga menegaskan robot tidak akan menghilangkan pekerjaan manusia di gudang, setidaknya dalam jangka waktu dekat.

“Pasa saat ini, teknologi masih sangat terbatas. Teknologi masih sangat jauh dari stasiun kerja yang sepenuhnya terotomatisasi seperti yang kita butuhkan,” ujar Scott Anderson direktur Amazon Robotics Fulfullment, seperti dilansir Reuters.

Ia menyebut butuh paling tidak 10 tahun untuk sepenuhnya memakai robot dalam memenuhi sebuah pesanan konsumen. Amazon pun percaya memakai robot untuk mengurus pesanan bisa mengurangi rusaknya produk dan membuat tugas lebih efisien.


Artikel yang berjudul “Negara Ini Punya Pegawai Robot Terbanyak di Dunia” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment