Yuk, Lirik Peluang Usaha Wisata Muslim yang Menjanjikan - Jaringan Nasional

Tuesday, May 7, 2019

Yuk, Lirik Peluang Usaha Wisata Muslim yang Menjanjikan

JaringaNasional, Jakarta – Industri pariwisata Tanah Air menjadi salah satu sektor yang mengalami perkembangan cukup baik selama beberapa tahun belakangan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Nusantara.

Ada banyak hal yang memengaruhi perkembangan pariwisata Indonesia secara umum, seperti: perkembangan infrastruktur yang lebih baik, akses yang lebih mudah, akomodasi dan layanan yang lebih prima, serta hal lainnya yang berkaitan dengan aktivitas pariwisata itu sendiri.

Pembenahan yang dilakukan serta fasilitas pendukung yang memadai memang secara langsung bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang. Di dalam perkembangannya, Indonesia juga menjadi salah satu negara favorit bagi wisatawan muslim yang datang dari berbagai negara.

Hal ini bisa dilihat berdasarkan Hasil Studi Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) yang diadakan oleh Mastercard di tahun 2017. Kondisi ini tentu cukup membanggakan dan menjadi angin segar dalam perkembangan pariwisata Indonesia. Tentu saja ini menunjukkan posisi Indonesia yang semakin membaik sebagai destinasi wisata muslim.

Kriteria Penilaian GMTI

Dalam melakukan penilaian terhadap geliat pariwisata muslim, Mastercard tentu memiliki kriteria tersendiri yang menjadi tolok ukur mereka dalam menentukan hasilnya.

Penilaian ini dilakukan dengan mengambil 130 destinasi wisata sebagai objeknya dan menempatkan 4 kriteria dasar penilaian, antara lain: komunikasi, akses, layanan, dan juga lingkungan.

Berdasarkan ke-4 kriteria tersebut, penilaian ini dikembangkan menjadi 11 sub yang lebih rinci, antara lain: tingkat kedatangan wisatawan muslim, batasan visa, kecocokan destinasi sebagai tujuan wisata keluarga, akomodasi yang tersedia, akses komunikasi, strategi pemasaran, konektifitas udara, fasilitas yang tersedia di lokasi, kualitas layanan, dan yang lainnya.

Berbagai kriteria ini tentu sangat berperan penting di dalam perkembangan pariwisata, termasuk memberikan dampak kepuasaan terhadap para konsumen (penikmati pariwisata) itu sendiri.

Pun demikian, sebagian negara yang menjadi tujuan wisatawan muslim justru bukanlah negara muslim atau bahkan negara yang berada di luar OKI itu sendiri. Hal ini tentu sangat menarik, terutama bagi Indonesia yang sedang berupaya keras mengembangkan sektor pariwisata untuk bidang yang satu ini.

Sebab angka kunjungan wisatawan muslim memang diprediksi akan sangat meningkat di masa-masa yang akan datang. Sehingga memberikan prospek yang baik di masa depan.


Artikel yang berjudul “Yuk, Lirik Peluang Usaha Wisata Muslim yang Menjanjikan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment