Euforia The Fed Pangkas Suku Bunga Angkat Wall Street - Jaringan Nasional

Thursday, June 20, 2019

Euforia The Fed Pangkas Suku Bunga Angkat Wall Street

JaringaNasional, New York – Wall Street menguat dengan indeks S&P 500 mencapai rekor tertinggi, terangkat ekspektasi Federal Reserve (The Fed) akan memangkas suku bunganya pada bulan depan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi melemah imbas dari perang dagang Amerika Serikat (AS)-China.

 

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,94 persen menjadi 26.753,17 poin, sementara S&P 500 naik 0,95 persen menjadi 2.954,18. Serta, Nasdaq Composite menambahkan 0,8 persen menjadi 8.051,34.

Adapun indeks acuan S&P 500, yang telah naik sekitar 7 persen sejauh ini pada bulan Juni, ditutup di atas rekor tertinggi sebelumnya pada 3 Mei.

Sebanyak 11 indeks sektor S&P 500 mencatat kenaikan setelah Bank Sentral AS mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan yang berlangsung selama dua hari pada hari Rabu. Bank Sentral juga berjanji untuk “bertindak sesuai” untuk mempertahankan kesehatan ekonomi.

Indeks utama Wall Street telah naik dalam beberapa pekan terakhir dipicu ekspektasi penurunan suku bunga dan harapan kebangkitan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina pada pertemuan G-20 di Jepang.

“Selalu akan menjadi sulit bagi Fed untuk memenuhi harapan pasar yang tinggi. Sementara bar ditetapkan tinggi, pembuat kebijakan tampaknya telah membersihkannya dengan mudah,” kata Craig Erlam, Analis Pasar Senior di OANDA di London.

Langkah Fed yang dovish lebih dari harapan menyebabkan imbal hasil (yield) obligasi treasury AS jatuh, dengan benchmark 10-tahun turun di bawah 2 persen untuk pertama kalinya dalam lebih dari 2-1/2 tahun.

Adapun kali ini, indeks energi melonjak 2,21 persen, terbesar di antara 11 sektor indeks utama S&P. Harga minyak melonjak lebih dari 5 persen dipicu ketegangan baru di Timur Tengah setelah Iran menembak jatuh drone militer AS.

 


Artikel yang berjudul “Euforia The Fed Pangkas Suku Bunga Angkat Wall Street” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment