Angkasa Pura I Terus Cari Cara Agar Harga Tiket Pesawat Bisa Murah - Jaringan Nasional

Friday, July 5, 2019

Angkasa Pura I Terus Cari Cara Agar Harga Tiket Pesawat Bisa Murah

JaringaNasional, Jakarta – PT Angkasa Pura I mengakui bahwa pihaknya akan sepenuhnya mendukung kebijakan pemerintah untuk menyediakan tiket pesawat murah untuk umum. Baru-baru ini, Pemerintah mengumumkan bahwa akan ada penurunan harga tiket Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50 persen dari tarif batas atas pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, mengatakan bahwa pihaknya masih mengoordinasikan insentif yang tepat untuk diberikan oleh pengelola bandara kepada maskapai LCC dengan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Prinsipnya, baik Angkasa Pura I maupun Angkasa Pura II men-support apa yang dicanangkan oleh pemerintah untuk membantu LCC agar harganya bisa diturunkan lebih,” kata Faik dalam sebuah acara diskusi, di Bandara Yogyakarta International Airport, Jumat (5/7/2019).

Dia menjelaskan bahwa ada dua skema insentif alternatif yang diusulkan kepada pemerintah dalam rapat koordinasi sebelumnya. Pertama, diskon biaya pendaratan (landing fee) untuk maskapai LCC hingga 100 persen pada jam tertentu dan rute tertentu.

“Tapi di jam-jam tertentu yang ditentukan oleh angkasa Pura I, terutama di jam-jam yang periodenya periode low, itu bisa kita berikan sampai free 100 persen,” ujarnya.

Penawaran atau alternatif kedua, lanjutnya, adalah diskon 10 persen untuk semua penerbangan maskapai LCC di Angkasa Pura I. Namun, keputusan ini masih belum final dan dapat berubah tergantung pada keputusan pemerintah nanti.

“Jadi kita ada kontribusi yang akan dikeluarkan secara langsung terhadap mereka yang sekarang ini masih pembahasan dan saya sendiri belum tahu, nanti keputusan finalnya seperti apa. Tapi prinsipnya kita support lah,” ujarnya.

Meski begitu, lanjutnya, biaya bandara yang dikenakan oleh manajer bandara, yaitu Angkasa Pura, sebenarnya tidak terlalu signifikan untuk biaya penerbangan.

“Kontribusi Airport cost ini kan sebenarnya di bawah 1 persen dari total cost-nya airline. Tapi karena spirit-nya untuk membantu, kita siapkan dukungan terhadap mereka. Kan banyak, (ada insentif) dari fuel-nya nanti terus dari AirNav juga,” tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com


Artikel yang berjudul “Angkasa Pura I Terus Cari Cara Agar Harga Tiket Pesawat Bisa Murah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment