Patung Firaun Berusia 3.300 Tahun Laku Terjual Rp 83,1 Miliar - Jaringan Nasional

Sunday, July 7, 2019

Patung Firaun Berusia 3.300 Tahun Laku Terjual Rp 83,1 Miliar

Melihat Harta Karun Peninggalan Firaun Tutankhamun

Kotak cartouche kayu hias ditampilkan dalam pameran tentang harta karun Firaun Tutankhamun di Grande Halle of La Villette, Paris, Prancis, Kamis (21/3). (AP Photo/Francois Mori)

Pihak Christie’s menyebut Tutankhamun adalah sosok firaun yang paling terkenal meski hanya pernah berkuasa selama sembilan tahun. Firaun muda ini meninggal sebelum ulang tahun ke 20.

Menurut National Geographic, penyebab kematian Tutankhamun tidak diketahui jelas. Ada yang menyebut karena malaria hingga tertabrak kereta kencana. Ia berkuasa sekitar 1333 – 1323 sebelum Masehi.

Kuburan Tutankhamum ditemukan oleh ahli arkeolog Inggris yaitu Howard Carter pada tahun 1922. Ketika ditemukan, pintu makamnya disegel dengan tambang berusia tiga milenium.

Beragam barang berharga ikut dikubur bersama sang firaun muda agar ia tetap sejahtera di alam baka seperti jubah kulit macan tutul, empat papan permainan, enam kereta kencana, tiga puluh guci anggur, dan 46 busur.

Carter menghabiskan waktu hampir satu dekade untuk menyusun daftar barang yang dikubur bersama sang firaun muda, yakni 5.398 barang. Banyaknya barang berharga dalam peristirahatan terakhir Tutankhamum membantu mempelajari soal Mesir Kuno.


Artikel yang berjudul “Patung Firaun Berusia 3.300 Tahun Laku Terjual Rp 83,1 Miliar” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments:

Post a Comment